Tips Kesehatan FKM UMI. Mau Bayinya Sehat, Ibu Hamil Harus Lakukan Ini

MAKASSAR, FKM UMI – Nutrizi dan gizi yang terpenuhi pada ibu hamil sangat mempengaruhi perumbuhan dan perkAembangan janinnya. Sehat atau tidaknya janin tergantung dari ibunya.

Hal ini diungkapkan dosen Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Suchi Afnalurini Shariff S.Si.T, SKM. M.Keb, Sabtu (12/08/2017). Seharusnya, kata Suchi, ibu yang sedang mengandung selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizinya seperti kalsium, asam folat, zat besi, kalori, vitamin, serta protein.

\\\”Makanan yang sangat baik untuk ibu hamil adalah sayur hijau, wortel dan brokoli, buah-buahan seperti kurma, pepaya, pisang, mangga dan apel,\\\” jelasnya.

Selain itu, jelas Suchi, tempe, tahu, ikan dan daging juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu.  Saat ibu sedang hamil, mereka membutuhkan nutrizi dan gizi dua kali lipat dibanding orang normal.

Jika kekurangan asupan gizi, dampaknya bukan hanya pada ibu saja, hal ini berakibat fatal pada janin yang dikandungnya, jelas Suchi yang juga Sekertris Prodi Kebidana FKM UMI.

Dampak buruk bagi janin jika kekurangan nutrisi, ujar Suchi, dapat berakibat bayi lahir prematur, perkembangan pertumbuhan janin dapat terhambat, paling fatal dapat menyebabkan kematian.

Jika bayi tersebut lahir, maka bayi tersebut sangat rentan terkena infeksi, mudah sakit, keterlambatan pertumbuhan dan gangguan kognitif serta psikomotor, pungkasnya. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *