Mahasiswa Ners FKM UMI Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan BTCLS

MAKASSAR, – Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan Basic Trauma and Cardiac Support Life (BTCLS).

Pelatihan BTCLS berkerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Sulsel ini merupakan angkatan ke-VI sesi II.

Ketua bidang pendidikan dan pelatihan HIPGABI Sulsel Rasyidin, S.Kep. NS M.Kes, menjyampaikan, pelatihan digelar selama empat hari dengan dua metode yakni pemberian materi dan praktik.

“Ada dua komponen yaitu tata muka adalah terima materi kelas dan setiap sesi sore, peserta menerima praktek atau skill. Praktek ini menjadi bagian pendukung dari materi yang di berikan. Semua Pemateri berasal dari para perawat murni hingga perawat senior yang terhimpun dalam HIPGABI Sulsel,” ujar Rasyidin, Jumat (6/4/2018).

Kata dia, materi yang diberikan yaitu bantuan hidup dasar, pemasangan alat EKG untuk memeriksa jantung, cara membaca hasil perekaman EKG, bagaimana menghitung cairan pada pasien, bagaimana mengevakuasi pasien yang ditemukan di jalan dan ketika pasien berada dirumah sakit, cara memberikan respon pada jantung dengan alat kejut listrik jantung (DC Shock).

Rasyidin berharap seluruh peserta lulus dan berhak mendapatkan sertfikat BTCLS.

“Materi dan skill yang kami sajikan saling mendukung dan berkaitan, sehingga semua peserta harus lulus,” tutupnya.(nin)

Ditag Mahasiswa Ners FKM UMI Pelatihan BTCLSUbah “Mahasiswa Ners FKM UMI Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan BTCLS”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *