MAKASSAR, – Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) lahir pada hari Senin, 15 Jumadil Tsaniyah 1427 H bertepatan 12 Juli 2006 masehi.

PSIK FKMUMI diselenggarakan berdasarkan keputusan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional No. 2684/D/T/2006 tertanggal 12 Juli 2006 tentang izin penyelenggaraan PSIK.

Saat ini PSAK UMI menerapkan kurikulum keperawatan berbasis kompetensi yang bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Keperawatan (S.Kep) Islami yang memiliki pengalaman lebih banyak dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat (stakeholders) dan perkembangan IPTEK.

Dengan demikian S.Kep yang dihasilkan PSIK UMI lebih siap mengikuti Program Profesi Ners sehingga dihasilkan Ners Islami yang memiliki 5 profil.

Pertama, care provider atau pemberi layananan keperawatan yang islami. Berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul kharimah. Kedua, community leader atau pemimpin di komunitasyang kritis, konstruktif, sistematis, konsisten dan konsekuen terhadap Islam.

Selanjutnya, educator atau pendidik yang komunikatif dalam membawa misi dakwah dan syiar Islam. Manager atau Manajer yang mampu mengelola fungsi-fungsi manajemen keperawatan Islami. Terakhir, researcher atau peneliti pemula yang adaptif, transformatif dan progresif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here