Ini Prospek Kerja Lulusan Prodi Kesmas FKM UMI

MAKASSAR, – Prospek kerja lulusan Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) sangat terbuaka lebar.

Demikian disampaikan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni FKM UMI, Dr. A. Surahman Batara SKM.M.Kes.

Kata dia, orientasi kerja seorang lulusan Kesmas tidak terfokuskan pada Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Scope pekerjaan seorang lulusan fakultas masyarakat sangat luas mengingat prospek bidang lain juga membutuhkan seorang sarjana FKM.

“Prospek pertama bidang management kesehatan, seorang sarjana lulusan FKM bisa menduduki berbagai profesi seperti manager rumah sakit, rekam Medik, pemasaran, manager asuransi kesehatan, bank asuransi, finance, manager perusahaan farmasi, pemasaran laboratorium dan alat kesehatan, puskesmas, dinas kesehatan dan lembaga maupun organisasi sosial atau non-profit,” jelas Surahman.

Surahman yang juga dosen Prodi Kesmas ini mengungkapkan bidang lain adalah kesehatan lingkungan dan keselamatan kerja. Seperti konsultan limbah, amdal, QHSE manager dan manager K3L diberbagai perusahaan

“Ada perusahaan Cevron, Free port, LNG Tangguh, Newmont, Pertamina, PLN, Jasa Kontruksi, Tekstil, Telkom etc, Quality control supervisor pada perusahaan makanan dan minuman, manager HACCP pada restaurant, Laboratorium kesmas, Bapedal, Labkesda, bisnis catering, pest control dan lembaga pengelolaan lingkungan lainnya,” tegasnya.

Sementara bidang gizi Kesehatan Masyarakat dapat menempati profesi sebagai Manager Quality control pada perusahaan Food and Baverages, Rumah Makan dan restaurant, supervisor HACCP pada berbagai perusahaan.

Seorang sarjana lulusan FKM dalam bidang Promosi Kesehatan Masyarakat bisa menduduki profesi sebagai tenaga ahli ataupun management pengelola dalam mensosialisasikan/promosi kesehatan di masyarakat seperti: Puskesmas, Dinas Kesehatan, asuransi kesehatan, rumah sakit, gizi masyarakat, kesehatan lingkungan dan lembaga-lembaga CSR perusahaan/institusi pemerintah maupun swasta

Bidang biostatistik dan epidemiologi, lanjut Surahman bisa berprofesi sebagai tim survei dan analisa Dinas Kesehatan ataupun tenaga ahli statistik (Rumah Sakit, Puskesmas, Lembaga Riset/Penelitian Kesehatan Masyarakat), tenaga ahli ataupun management serta team teknis (Lembaga Survei Indonesia, BPS, Bapenas, Bapeda, BKKBN dan lembaga sosial lainya).

“Selain beberapa bidang yang saya sebelumnya, sebenarnya masih banyak beberapa bidang yang bisa menjadi prospek lapangan pekerjaan bagi seorang sarjana Kesmas, jadi bagi rekan-rekan mahasiswa sekalian yang saat ini sudah memutuskan untuk kuliah di fakultas kesehatan masyarakat jangan khawatir, masih terbuka lebar dan banyak yang membutuhkan ahli-ahli dibidang kesehatan masyarakat,” tegasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *