FKM UMI Buka Kursus Bahasa Inggris Buat Mahasiswa dan Dosen

MAKASSAR, FKM UMI – Belajar dan menguasai bahasa asing merupakan sebuah tuntutan di zaman sekarang.

Kondisi masyarakat ekonomi Asia yang menjunjung tinggi tidak adanya sekat kultur dan budaya membuat mahasiswa sebagai penerus bangsa harus memiliki keahlian mahir berbahasa asing.

Hal ini yang mendasari Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) Dr. M. Ikhtiar, S.KM., M.Kes mengaku akan membuka kursus bahasa Inggris bagi mahasiswa dan dosen.

Kata dia, dalam penyelesaian tugas akhir, kedepan mahasiswa akan diwajibkan lulus tes Toefl atau Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) dengan skor tertentu.

“Untuk sekarang mahasiswa diwajibkan ikut Toefl namun standar nilainya belum kami atur,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Senin (20/11/2017).

Ikhtiar mengaku, beberapa perusahaan bahkan instansi juga kerap melakukan penyaringan pegawai dengan salah satu syaratnya yakni mahir berbahasa asing.

“Mahasiswa harus siap dengan hal itu, sebelum menjadi alumni, minimal ada keahlian yang mereka miliki yakni menguasai satu bahasa asing,” ungkapnya

Ada sebuah regulasi Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga yang mengatur tentang Dosen wajib memasukkan tulisan ke jurnal International.

“Tidak menutup kemungkinan mahasiswa juga akan terikat dengan peraturan seperti itu jadi harus berbenah dari sekarang,” kata Ikhtiar.

Hal senada disampaikan Wakil Dekan III FKM UMI A. Surahman Batar SKM., M.Kes. Bukan hanya unggul dibidang pendidikan dan dakwah saja, tetapi mahasiswa yang mahir berbahasa Inggris menjadi impiannya.

“Dengan demikian, ini harus menjadi prioritas dalam pengembangan atmosfer akademik di FKM UMI,” ujarnya saat ditemui diruangannya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *