MAKASSAR, FKM UMI – Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi .

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Sulfitri Arianti merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam program yang diusung PBB ini.

Cara Mahasiswa FKM UMI Dukung Program SDGs PBB

“Saya bergabung dengan organisasi kepemimpinan yang dikenal dengan nama AIESEC, anggotanya berasal dari seluruh pemuda yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya saat ditemui di lobi FKM UMI, Kamis (9/11/2017).

Selama enam minggu, mahasiswa yang akrab disapa Fitri ini mengikuti kegiatan Hometown Project hasil kerjasama AIESEC dan Aqua.

“Kegiatannya di Kabupaten Sidrap, Januari hingga Februari 2017 lalu, dari Makassar ada 6 orang yang lulus seleksi dan terpilih sebagai perwakilan,” ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang mereka gelar seperti senam bersama, bagi air minum gratis, social media engagement, school roadshow, dan public campaign. Kegiatan ini apresiasi yang sangat besar dari masyarakat setempat.

Perempuan kelahiran 11 November 1997 ini mengaku mendapat banyak pegalaman berharga sewaktu mengikuti Hometown Project.

“Kebetulan project ini tentang kesehatan, sebagai anak FKM tentunya mendapatkan ilmu yang berhubungan dengan jurusan saya. Selain itu, mendapat leadership experience, time management, dan team management,” jelasnya.

Kepada pemuda Indonesia, khususnya mahasiswa FKM UMI ia berpesan agar tidak takut mencoba hal baru.

“Kalau ada peluang, ambil. Jangan takut salah ataupun kalah, karena itu pembelajaran untuk lebih baik,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here