MAKASSAR, FKM UMI – Irsan Anugrah, SKM, salah satu alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat yang kini sukses menjabat sebagai kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wisata Padang Lambe, Kecamatan Wara Barat, Kelurahan Padang Lambe, Kota Palopo.

“Pertama kali jadi kepala Puskesmas pada tahun 2012 di Benteng Palopo, 3 tahun setelahnya baru terangkat disini (Wisata Padang Lambe),” ujarnya, Minggu (5/11/2017).

Sebagai kepala Puskesmas, banyak tugas dan kewajiban yang harus ia selesaikan dengan baik. Antara lain, mengkoordinir kegiatan perencanaan puskesmas, mengorganisir, menggerakkan serta melakukan pengawasan terhadap seluruh pelayanan kesehatan yang ada pada Puskesmas.

“Kepala Puskesmas juga harus mampu menjadi leader yang mengayomi, serta memberdayakan seluruh elemen yang ada untuk mewujudkan visi dan misi,” tambahnya.

Tak hanya itu, Irsan juga harus mampu menjaga dinamika yang ada pada tempat bekerja.

Enam tahun menjabat, Irsan mengaku menghadapi tantangan dengan permasalahan yang kompleks.

“Menjadi tantangan ketika kita dituntut harus mampu menyamakan persepsi atau mempengaruhi staf dan tim kerja didalam mencapai tujuan organisasi,” jelasnya.

Sewaktu mengenyam pendidikan di FKM UMI, Irsan juga aktif mengikuti beberapa kegiatan organisasi.

“Terakhir menduduki jabatan sebagai menteri pada BEM FKM UMI pada tahun 2005,” tuturnya.

Kata dia, organisasi dan kuliah ibaratkan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan karena memiliki keterikatan dan saling menunjang antara satu dengan yg lain.

“Banyak hal saya rasakan sekarang, khususnya dalam menjadi leader di Puskesmas. Organisasi membentuk mental dan karakter kita, sedangkan perkuliahan menambah intelektualitas serta wawasan,” jelasnya.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa FKM UMI agar mengikuti organisasi apa saja asal tidak ilegal, karena terdapat banyak pembelajaran didalamnya.

BIODATA

Nama Lengkap : Irsan Anugrah, SKM

TTL : Palopo, 10 November 1985

Alamat : Jalan Ratulangi Kota Palopo

Hobi : Football dan Futsal

Status : Menikah, 2 Orang Anak

Riwayat Pendidikan :

– SDN 84 Sallolo

– Ponpes Modern IMMIM Makassar

– SMAN 02 Palopo

– S1 FKM UMI Makassar

Pengalaman Organisasi :

– BEM FKM UMI Makassar

– Ketua PERSAKMI Kota Palopo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here