MAKASSAR, FKM UMI– Najihah, S.Kep., Ns., M.Kep salah satu dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang mengajarkan mata kuliah Keperawatan Kritis.

Keperawatan kritis merupakan suatu pembelajaran yang mengarahkan perawat kepada asuhan terhadap pasien yang mengidap penyakit atau mengalami kondisi kritis.

Najihah mengaku, mata kuliah ini sangat perlu diajarkan kepada mahasiswa, karena kebutuhan pasien kritis sangat berbeda dari yang lain.

“Yang perlu diperhatikan yakni monitoring, karena sewaktu-waktu ada kondisi dimana pasien membutuhkan asuhan keperawatan yang intensive,” ujarnya saat ditemui diruangannya, Jumat (27/10/2017).

Perempuan kelahiran Ujung Pandang, 6 Januari 1988 ini menyampaikan, ada beberapa penyakit yang sering dirawat sampai diruang perawatan kritis yakni penyakit terkait sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), Respirasi (pernafasan), Neuro (saraf), Ginjal, dan Trauma.

“Perlu diketahui, walaupun kondisi pasien kritis apapun, perawat harus melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mengembalikan pada kondisi normal,” ujarnya sambil memangku sebelah kakinya.

Kata dia, ada tiga aspek dalam keperwatan kritis ini yaitu aspek pasien, keluarga dan psikologi.

“Bukan hanya pasien tapi keluarga juga sangat berperan dalam pengambil keputusan terhadap setiap langkah penanganan kesehatan yang diambil oleh perawat,” ujarnya.

“Aspek psikologi juga penting karena, beberapa pasien kritis akan terbebani dalam segi pemikirannya jadi harus ada perhatian lebih,” lanjutnya.

Alumni S2 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin konsentrasi Keperawatan Medikal Bedah ini mengaku, hal yang terpenting dalam mata kuliah ini yaitu kemampuan perawat menganalisis data dalam menentukan diagnosa pada pasien sakit kritis.

“Mata kuliah keperawatan kritis baru diterapkan di semester ini jadi diharapakan mahasiswa bisa memperhatikan secara serius dalam proses belajar mengajar,” tuturnya.

Najihah yang juga pernah bekerja sebagai perawat IGD RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar ini menyampaikan, selain metode ceramah, praktek di laboratorium juga sering dilakukan dalam meningkatkan komptensi mahasiswa dibidang keperawatan.

“Program Studi Keperawatan FKM UMI memiliki salah satu misi yaitu ahli dibidang kegawat daruratan, jadi ini yang harus kita tingkatkan kedepan,” tutupnya.

Biodata

Nama : Najihah, S.Kep., Ns., M.Kep
Tempat Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 6 Januari 1988
Alamat : BTP Blok H Baru No. 639
Email : jia.najihah@yahoo.co.id
Hobi : Traveling
Status : Single

Riwayat Pendidikan Tinggi

  • 2006 S1 Program Studi Ilmu Keperawatan FKM UMI
  • 2011 Program Profesi Ners Stikes Mega Rezky
  • 2015 S2 Program Studi Magister Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin Konsentrasi Keperawatan Medikal Bedah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here