MAKASSAR, FKM UMI – Sunarti, S.Kep., Ns., M.Kes, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang mengajarkan ilmu keperawatan anak.

“Saya terangkat jadi dosen di FKM UMI sejak 2009, tapi baru 4 tahun menjadi dosen tetap,” ujar Sunarti saat ditemui diruangannya, Senin (16/10/2017).

Sunarti mengatakan, keperawatan anak merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilulusi setiap mahasiswa keperawatan FKM UMI.

“Fokus utamanya, mahasiswa diharapkan mampu melakukan asuhan keperawatan anak sesuai dengan tingkat tumbuh kembang yang ada,” ucapnya.

Lulusan S2 FKM UMI ini menjelaskan, mata kuliah yang dia ajarkan secara garis besar menjelaskan tentang konsep dasar perspektif keperawatan dan tumbuh kembang anak, khususnya mengalami perubahan fisiologis atau tanpa gangguan struktur yang disebabkan oleh kelainan organ tubuh.

“Sasarannya, klien anak yang punya kebutuhan berbeda dengan orang dewasa, baik dari segi bio, psiko, sosial dan spritual yang sesuai dengan tumbuh kembangnya. Sehinga, mengatasi masalah anak ada ilmu khususnya,” jelasnya.

Perempuan yang juga senang melakukan kegiatan penelitian ini mengaku, ada sedikit kendala yang ditemuinya saat mengajarkan ilmu keperawatan anak kepada mahasiswa.

“Hambatannya lebih kepengalaman dalam hal pendekatan secara klinik yang kurang, sehingga agak sulit mentransfer ilmu ke mahasiswa dalam bentuk pengalaman itu. Pengalaman klinik atau lapangan memberi konstribusi dalam mengajar,” ujarnya.

Meski begitu, Sunarti merasa senang mengajar mahasiswa keperawatan FKM UMI, hal ini disebabkan keakraban dan rasa persaudaraan yang kuat.

BIODATA
Nama lengkap : Sunarti, S. Kep. Ns. M. Kes
Tempat, tanggal lahir : Kolaka, 14 April 1983
Alamat : Jl. P. Kemerdekaan Km 11 lr. 1 Wesabbe
Mata kuliah yang diajarkan : Keperawatan Anak

Riwayat pendidikan :
– S1 dan Ners STIK Famika Makassar
– S2 UMI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here