MAKASSAR, FKM UMI – Andi Surahman Batara, S.KM., M. Kes, menjabat selaku Wakil Dekan (WD) 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) sejak tahun 2016.

Surahman mengaku, sebagai WD 3 dirinya bertugas memantau aktivitas mahasiswa serta mengawasi dan mensupport terlaksananya kegiatan lembaga kemahasiswaan.“Menjadi WD 3 bisa dibilang menantang karena bukan hanya kalangan dosen, saya harus aktif juga berinteraksi dengan mahasiswa,” ujarnya saat ditemui diruangannya, Rabu (4/10/2017).

Kata dia, bukan hanya memantau aktivitas mahasiswa, dia juga bertugas membangun komunikasi jaringan alumni FKM UMI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pria kelahiran Palopo, 31 Januari 1986 ini mengaku, sebagai WD 3 dirinya harus menjadi pimpinan yang bisa hadir ditengah-tengah mahasiswa dan mendengarkan aspirasi mereka. “Sebagai pimpinan kita jangan terkesan ada sekat dengan mahasiswa, sesekali ajak mereka berdiskusilah layaknya kakak dan adik,” ujarnya.

Mantan Ketua Senat Mahasiswa FKM UMI periode 2005-2006 ini juga aktif dalam berbagai organisasi, yaitu selaku Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, Sekretaris Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Sulsel dan Pengurus Masika ICMI Sulsel.

“Tidak bisa dipungkiri, pembelajaran dari berbagai organisasi yang saya ikuti sangat berpengaruh dalam menjalani tanggungjawab selaku WD 3,” tuturnya.

“Dengan berbagai kesibukan, jabatan saya selaku WD 3 tetap menjadi prioritas utama, ini hanya persoalan mengatur waktu dengan sistematis,” sambungnya.

Dosen mata kuliah Analisis Kebijakan Kesehatan (AKK) ini juga tengah melanjutkan studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. “Insya Allah tahun depan bisa meraih gelar doktor, Aamiin,” tutupnya. (*)

Biodata

Nama : Andi Surahman Batara, S.KM., M.Kes

TTL : Palopo 31 Januari 1986

Alamat : Jalan Tamalanrea Raya Blok A No. 5

Istri : Andi Harnita Nurul Fitri S.KM., M. kes

Anak : Andi Azka Nararya Batara

Andi Alya Nayyara Batara

Riwayat Pendidikan

– SDN 307 Beuma Kecamatan Bastem Kabupaten Luwu

– SMPN 2 Bastem Kabupaten Luwu

– SMUN Bonto Mate’ne Kabupaten Selayar

– S1 Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UMI

– S2 Analisis Kebijakan Kesehatan FKM Unhas

– Sementara studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Unhas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here