FKM UMI – Guna meningkatkan kendali  mutu  lulus pendidikan sebagai upaya mendorong  percepatan peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan tenaga kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia membekali dosen dengan melakukan pelatihan pembuatan soal Uji Kompetensi bagi dosen. Pelatihan pembuatan soal uji kompetensi di buka langsung oleh Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan I. Yang memberi sambutan dalam acara pembukaan ini adalah Dr. Muhammad Ikhtiar, SKM., M.Kes selaku Wakil Dekan I FKM UMI dan Sudarman, S.Kep, Ns, M.Kes selaku ketua pantia pelaksana.

Setelah acara pembukaan, masing masing dosen menempati ruangan yang telah disediakan guna mengikuti materi pelatihan pembuatan soal. Untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat menempati ruangan Gedung OB 304 dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2016.

Sebagai materi suplemen sebelum masuk pada acara inti, Ikhram Hardi S, SKM., M.Kes membawakan materi tentang pengantar Uji Kompetensi (Blue Print).

Bertindak sebagai Pemateri yang juga sekaligus Reviewer dalam kegiatan pelatihan ini adalah Dr. Sitti Patimah, SKM., M.Kes yang dihadapan para peserta memaparkan tentang Pengembangan Soal Ujian Kompetensi Kesmas.

Pembuatan soal dibagi berdasarkan peminatan masing-masing seperti Peminatana Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sebagai pendamping dalam kegiatan ini adalah dosen yang pernah mengikuti pelatihan pembuatan soal untuk menuntun peserta guna menghasilkan soal yang berkualitas.  

Panitia pelaksanana mewajibkan kepada seluruh peserta untuk mempersentasikan soal yang telah dibuat berdasarkan panduan pembuatan yang sudah dibagikan sebelumnya. Peserta bergiliran mempersentasikan soal yang telah dibuat. Semua peserta tampak serius dan santai dalam proses membuat soal, sesekali candaan terlontar dari salah seorang peserta yang membuat peserta lainnya tertawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here