Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UMI, menggelar acara International Guest Lecture di Makassar, Senin (8/3/2021). Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Dampak COVID-19 terhadap sosial-perilaku dan kesehatan mental pada kalangan masyarakat umum dan petugas kesehatan di Eswatini, Afrika Selatan.’
Ketua Panitia dan sekaligus Sekretaris Prodi Kesehatan Masyarakay FKM UMI Dr. A. Rizki Amelia AP, SKM., M.Kes dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini tentunya sangat memberi manfaat bagi kita semua professional kesehatan, mahasiswa dan dosen guna manambah khasanah ilmu kita sebagai seorang akademisi. 
Kegiatan ini diikuti oleh 488 peserta yang hadir melalui zoom meeting, baik itu dari kalangan mahasiswa FKM UMI, alumni, dosen dan professional kesehatan. Bertindak selaku moderator pada kegiatan ini yaitu Rezky Aulia Yusuf, SKM, MS yang merupakan Dosen FKM UMI dan juga Alumni Master program di International Health Program, National Yang Ming Chiao Tung University dengan Narasumber utama adalah Mr. Mduduzi C Shongwe, PhD (c), MSc, BNSc, RN adalah Mahasiswa PhD di International Health Program, National Chiao Tung Univeristy, Taipei Taiwan dan juga dosen University of Eswatini.
Dr. A. Surahman Batara SKM. M.Kes selaku Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat FKM UMI, mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental masyarakat dan terkhusus kepada petugas kesehatan.
“Acara ini sangat mampu membuka wawasan kita terkait kondisi kita sekarang ini, di mana kita masih berperang melawan COVID-19. COVID-19 tidak hanya memberikan dampak buruk terhadap kesehatan fisik, tetapi juga pastinya memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental masyarakat dan terkhusus kepada petugas kesehatan. Saya berharap Narasumber kita ini menjelaskan bagaimana Negara mereka mengatasi masalah kesehatan Mental pada masa pandemi,” harap Surahman Batara.
Dekan FKM UMI Dr. Suharni A. Fachrin, S.Pd. M.Kes pada kesempatan yang sama juga mengharapkan acara seperti ini dapat terus dilakukan dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk berbagi pengalaman dan hasil penelitian.
“Kami sangat berterima kasih kepada pembicara tamu Mr. Mduduzi C Shongwe, PhD (c), MSc, BNSc, RN yang telah berbagi ilmu, pengalaman dan hasil penelitiannya kepada kami. Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia, Ketua dan Sekretatis Prodi Kesehatan Masyarakat, dosen, mahasiswa, dan semua peserta yang telah hadir dalam acara international guest lecture ini. Acara seperti ini adalah sebagai langkah awal untuk kita dapat berkolaborasi dengan Eswatini dan Taiwan di masa yang akan datang. Kami harapkan acara seperti ini dapat terus dilakukan,” terang Suharni A. Fachrin.

Dalam kegiatan international guest lecture ini, Mr. Mduduzi membagikan ilmu, pengalaman dan hasil studinya terkait ‘Dampak pandemic COVID-19 terhadap perilaku social dan kesehatan mental pada masyarakat umum dan petugas kesehatan di Eswatini, Afrika Selatan’. 
Mr. Mduduzi memaparkan 2 studinya, yakni studi pertama membahas tentang faktor yang mempengaruhi perilaku sosial dan kesehatan mental masyarakat umum di Eswatini dengan menggunakan metode survey melalui telephone pada 1003 orang dewasa (umur > 18 tahun). Sedangkan, studi kedua, fokus pada dampak COVID-19 ini pada petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit Eswatini yang berjumlah 450 petugas kesehatan. 
Pembahasan Mr. Mduduzi menjelaskan bahwa efek kesehatan mental akibat COVID-19 ini lebih tinggi pada petugas kesehatan dibandingkan masyarakat umum. Petugas kesehatan yang sering mendapatkan perlakuan diskriminasi atau stigma dari keluarga, teman atau kerabat adalah kelompok populasi yang rentan akan dampak buruk COVID-19 terhadap kesehatan mental mereka. Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat umum untuk senantiasa menghargai dan memberikan perilaku yang sewajarnya terhadap petugas kesehatan. *Ndi

Berita Terkait

https://www.mediamakassar.com/2021/03/prodi-fkm-umi-gelar-international-guest.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here