DOSEN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT MENGGELAR KEGIATAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT “PEMBENTUKAN DAN PELATIHAN KADER PERAWAT CILIK (PERCIL) PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)”.

0
22

Sekolah selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran juga dapat menjadi ancaman penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Usia sekolah dasar juga merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit. Data Dinas Kesehatan Kota Makassar tahun 2019 menunjukkan bahwa penyakit kulit dan pencernaan terjadi jumlah yang cukup besar terutama pada anak usia sekolah dasar. Kasus diare pada anak terjadi 50,89%, penyakit dermatitis 41,50%, penyakit cacingan 56,80%. Permasalahan perilaku kesehatan anak sekolah dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan seperti gosok gigi dengan baik dan benar, kebiasaan cuci tangan pakai sabun, dan kebersihan diri. Oleh karena itu, penanaman nilai–nilai perilaku kesehatan di sekolah dasar merupakan kebutuhan mutlak.

Target dari kegiatan ini adalah agar mitra memiliki Kader Perawat Cilik (PERCIL) Mitra mampu memahami dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Mitra mampu memahami dan mampu memberikan pelayanan dan pengobatan dasar secara mandiri. Pelaksanaan kegiatan PKM akan dilakukan melalui kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Faqihul Ilmi Kota Makassar yaitu sebagai mitra. Hasil pertemuan dan diskusi dengan mitra disepakati upaya pemecahan masalah yaitu dengan PEMBENTUKAN DAN PELATIHAN KADER PERAWAT CILIK (PERCIL).

Kegiatan ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Faqihul Ilmi pada tanggal 10-11 oktober 2020, yang dihadiri oleh 30 orang siswa dan guru, kegiatan pengabdian merupakan salah satu perwujudan dari kegiatan tri darma perguruan tinggi, kegiatan ini digelar atas dukungan dari Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia. Pembentukan Kader Perawat Cilik dan Pemberian edukasi tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dan Kegawat daruratan (P3K) DIBERIKAN OLEH TUTIK AGUSTINI, S.Kep, Ns, M. Kep, sehingga diharapkan mitra dapat meningkatkan pengetahuan dan menerapkan perilaku pemberian Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dan Kegawadaruratan. ADAPUN Peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat DIBERIKAN OLEH Dr. dr. H. MUH. KHIDRI ALWI., M.Kes.MateritentangIce breaking, building commitment dan evaluasi kegiatan dilakukan oleh Dr.Yusriani, SKM.,M.Kes.

Ketua Yayasan, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah, guru dan peserta sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan program kemitraan dosen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here