DOSEN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT MENGGELAR KEGIATAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT “PENCEGAHAN PENULARAN NOVEL CORONA VIRUS (COVID-19) MELALUI EDUKASI 10 JARI UNTUK ANAK INDONESIA”.

0
17

Coronavirus-19 (COVID) telah dinyatakan sebagai pandemi dunia oleh WHO (WHO,2020). Coronavirus adalah zoonosis atau virus yang ditularkan antara hewan dan manusia. Virus dan penyakit ini diketahui berawal di kota Wuhan, Cina sejak Desember 2019. Per tanggal 21 Maret 2020, jumlah kasus penyakit ini mencapai angka 275,469 jiwa yang tersebar di 166 negara, termasuk Indonesia. Pasien virus corona (Covid-19) didominasi oleh manula, namun World Health Organization (WHO) memperingatkan kalau anak muda seperti anak sekolah juga bisa terinfeksi.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat sekolah khususnya siswa siswiagar mereka dapat mengatasi dan terhindar dari masalah covid-19. Pelaksanaan kegiatan PKMakan dilakukan melalui kerjasama dengan Madrasah Tsanawiyah MDIA Bontoaladi Kecamatan Bontoala Kota Makassar yaitu sebagai mitra. Hasil pertemuan dan diskusi dengan mitra disepakati upaya pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistem 10 Jari untuk anak Indonesia, yang merupakan pencegahan tingkat I sebelum terkena masalah Covid-19.

Kegiatan ini untuk bertujuan agar mitra mampu memahami dan menerapkan cara pencegahan penularan novel corona virus (Covid-19) melalui edukasi 10 jari untuk anak Indonesia. Mitra mampu memahami dan melakukan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir secara baik dan benar. Mitra mampu memahami dan mampu membuat serta menggunakan antiseptik dengan baik dan benar. KEGIATAN INI DILAKUKAN DI MTS MDIA BONTOALA PADA TANGGAL 8-9 Oktober 2020, YANG DIHADIRI OLEH 30 ORANG SISWA DAN GURU, KEGIATAN PENGABDIAN MERUPAKAN SALAH SATU PERWUJUDAN DARI KEGIATAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI, KEGIATAN INI DIGELAR ATAS DUKUNGAN DARI LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPkM) UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA.

Pemberian edukasi tentang Pencegahan Penularan Novel Corona Virus (Covid-19) Melalui Edukasi 10 Jari Untuk Anak Indonesia, dan pembagian POSTERDIBERIKAN OLEH DR. YUSRIANI, SKM, M.KES, sehingga diharapkan mitra dapat meningkatkan pengetahuan dan menerapkan perilaku Pencegahan Penularan Novel Corona Virus (Covid-19). Adapun Peningkatan pengetahuan dan pemahamansiswa tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat DIBERIKAN OLEH TUTIK AGUSTINI, S.Kep, Ns, M. Kep.

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah, guru dan peserta sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan program kemitraan dosen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here