Tembus Jurnal Internasional, Prestasi yang membanggakan di raih salah satu dosen fkm

0
86

Kabar membahagiakan datang dari Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Muslim Indonesia. Jurnal yang di ajukan salah satu dosen FKM UMI, tembus jurnal internasional. Akrab disapa Ardi, Beliau mengkiprahkan karirNya dalam dunia pendidikan, Salah satu dosen kesehatan masyarakat ini merupakan salah satu dosen muda pertama yang lolos Health Policy Q1.

Jurnal yang Berjudul “Quadrant Of Difficulty-Usefulnes (QoDu) As New Method In Preparing For Improvement Of E-learning In Health Collage” ini merupakan jurnal International yang terindeks Scopus Q1, di terbitkan Oleh “Dove Medical Press Ltd”. Sekedear Informasi, Scopus adalah basis data sitasi atau indeks jurnal internasional. Selain itu Scopus juga menyediakan layanan untuk menilai suatu jurnal.

Inovasi Scopus dalam menilai jurnal membuat klusterisasi kualitas jurnal dengan istilah Quartile, dengan 4 Quartile, yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4. Q1 adalah kluster paling tinggi atau paling utama dari sisi kulitas jurnal dikuti Q2, Q3 dan Q4. banyak publikasi ilmiah Indonesia di Scopus yang masuk dalam kategori Q4. Sedangkan untuk bisa disitasi, jurnal tersebut harus masuk Q1. “Untuk masuk ke Q1 tidak mudah.

Bpk Ardi mengakui, bahwa tidak mudah untuk tembus jurnal internasional, apalagi terindeks Scopus Q1 “Beliau jatuh bangun menulis jurnal itu (paper, red), bahkan Hampir menyerah. Namun beliau terus memotivasi dirinya agar tetap melanjutkan projectnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here