MAKASSAR, – Pelatihan Basic Trauma and Cardiac life support (BTCLS) angkatan ke VI Program Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) memasuki hari kedua, Jumat (30/3/2018).

Hari kedua ini, 40 peserta pelatihan dibagi menjadi empat kelompok. Diketahui, Ners FKM UMI yang berkerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) dalam pelatihan ini fokus memberikan materi pada hari pertama dan kedua.

Sementara pada hari ketiga peserta akan melakukan simulasi atau praktik. Dan hari terakhir adalah praktik dan ujian.

Demikian disampaikan salah satu peserta pelatihan Eka Elvisa saat ditemui di lokasi pelatihan. Mahasiswa Ners FKM UMI Semester I ini mengungkapkan pelatihan di hari kedua mempelajari mengenai penanganan atau pertolongan pertama kepada pasien kecelakaan.

“Hari ini saya mendapatkan cara penanganan jika mendapatkan pasien yang mengalami kecelakaan luka bakar dan macam-macam cidera lainnya,” jelas Eka Elvisa.

Kata dia, peserta sangat antusias menerima materi karena penanganan pasien gawat darurat untuk diberikan pertolongan pertama sangatlah penting untuk diketahui oleh perawat.

“Memang sih, pelatihan yang dilaksanakan seharian penuh selama 4 hari, akan tetapi ini sangat membantu kami jika turun langsung ke lapangan,” tambahnya. (sit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here