MAKASSAR, – Sebanyak lima puluh lebih mahasiswa Program Studi Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melaksanakan praktek komprehensif di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak (RSKDIA) Siti Fatimah Makassar sejak 5 Maret lalu.

Peserta praktek yang akan berlangsung selama satu bulan dua minggu ini merupakan mahasiswa tingkat tiga atau semester enam.

Salah satu peserta praktek, Misnawati menyampaikan, beragam kegiatan telah dilaksanakan untuk memenuhi tujuan memperoleh gambaran dan pengalaman secara nyata dalam melakukan asuhan kebidanan secara komprehensif pada ibu hamil, bersalin, nifas, perawatan bayi baru lahir dan KB.

“Kami di Rumah Sakit masih sibuk untuk memenuhi target yang belum tercapau di praktek sebelumnya. Baik praktek KDPK, Fisiologi maupun patologi,” jelas Misna sapaan akrabnya.

Kata dia, peserta praktek turut mencari pasien untuk dijadikan sebagai komprehensif.

Namun, selain disubkkan dengan kegiatan praktek, mahasiswa Kebidanan ini tetap menyempatkan waktu untuk aktif kelembagaan.

Sebelumnya, Sekertaris Program Studi Kebidann FKM UMI, Andi Tenri Abeng, SKM., M.Kes menyampaikam peserta praktek ini sebelumnya telah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan praktek yang bertujuan memperoleh gambaran dan pengalaman secara nyata dalam melakukan asuhan kebidanan secara komprehensif pada ibu hamil, bersalin, nifas, perawatan bayi baru lahir dan KB dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga pelaksanaannya bisa berjalan sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan sebelumnya,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here