MAKASSAR, FKM UMI – Satu lagi alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang bisa dijadikan panutan bagi mahasiswa, yakni Multy Syaddam Nirwan, SKM., M.Kes.

Pria kelahiran Kolaka, 2 Desember 27 tahun silam ini kini menjadi tenaga Kesehatan Masyarakat (Kesmas) di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Enggano Bengkulu Utara.

Multy sapaan akrabnya, bertugas melakukan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) seperti promosi kesehatan, upaya kesehatan lingkungan, dan melakukan advokasi ke lintas sektor mengenai rencana program PKM.

“Kami membantu dalam membenahi manajemen di PKM (Pembuatan SOP dan KAK), persuratan, pengarsipan dan pengurusan JKN bagi masyarakat di wilayah kerja PKM,” ujarnya.

Multy Syaddam, Alumni FKM UMI Jadi Tenaga Kesmas di Bengkulu

Sewaktu mengenyam pendidikan tinggi di FKM UMI, ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

“Memimpin beberapa aksi demontrasi bersama teman-teman mahasiswa dan pengurus lembaga FKM UMI dalam menyikapi beberapa kebijakan serta fenomena yang dianggap menyimpang dari yang seharusnya,” ungkapnya.

“Membuat kegiatan yang bersifat akademis dan disipilin ilmu bersama teman-teman pengurus lembaga sebagai sarana tukar pikiran dalam menunjang disiplin ilmu teman-teman mahasiswa terkhusus FKM UMI,” tambahnya.

Kata Multy, kemampuan membagi waktu dengan baik sangat dibutuhkan dalam menyeimbangkan akdemik dan organisasi.

“Menurut saya, akademik sangat penting sebagai pegangan setelah lulus nnti. Namun prestasi harus ditunjang dengan kemampuan afektif, salah satunya dengan berorganisasi,” ujarnya.

“Kita kan ga mau jadi sarjana yang hanya tau teori tetapi aplikasi nihil. Sementara salah satu skill utama yang dibutuhkan oleh tenaga Kesmas yaitu berkomunikasi bisa didapatkan dari beroganisasi,” lanjutnya.

Bertahun-tahun menghabiskan waktu menimba ilmu di FKM UMI, ia mengaku mengidolakan sosok Dr. Muh. Ihtiar SKM, M.Kes yang kini menjadi Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM UMI.

“Dia bagi saya merupakan kakak, guru sekaligus orang tua. Ia banyak memberika pandangan-pandangan hidup yang bagi saya sngat bermanfaat untuk diimplementasikan dalam berkehidupan sehari-hari. Kalau untuk disiplin ilmu, beliau tidak diragukan lagi,” tutupnya.

BIODATA
Nama Lengkap : Multy Syaddam Nirwan SKM M.Kes
TTL : Kolaka, 02 Desember 1990
Alamat : Jl.Pahlawan lrg 7A, kel. Lamokato, Kolaka
Pekerjaan : Tenaga Kontrak (Nusantara Sehat Kemenkes RI )
Status : Lajang
Hobi : Musik

Riwayat Pendidikan :
– SDN 5 Kolaka
– MTsN Kolaka
– SMAN 1 Kolaka
– S1 FKM UMI
– S2 FKM UMI

Pengalaman organisasi :
– Himakesmas FKM UMI
– Senat Mahasiswa FKM UMI
– Ketua Umum HMI Komisariat FKM UMI
– Pengurus HMI Cabang Makassar
– Pengurus KNPI Kota Makassar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here