Dosen UMI Ikuti Simulasi Penggunaan Aplikasi Analisis Data

MAKASSAR, FKM UMI – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar pelatihan metode analisis data bagi dosen UMI.

Pelatihan diisi dengan pemaparan materi yang berkaitan dengan analisis data oleh Hamzah Hafied, SE., M.Si., Ph.D dan Dr. A. Mappa Tompo, SE., MM.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dan sekarang hari terakhir. Karena materi pelatihan yang padat, tentunya tidak akan cukup jika hanya sehari,” ujar Ir. Winarno Arifin, M.Si, selalu ketua panitia saat ditemui di menara UMI, Selasa (31/10/2017).

Kurang lebih 50 dosen UMI menjadi peserta dalam kegiatan yang berlangsung di ruangan LP2S lantai 3 Menara UMI ini.

“Hari kedua pelatihan, peserta dilatih menggunakan program aplikasi untuk menganalisis data dengan metode Jalur Analisis (Path) dan Structural Equation Modeling (SEM),” jelas Najihah, salah satu dosen peserta pelatihan.

Program aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah SPSS AMOS.

SPSS AMOS sendiri adalah software yang memiliki kemampuan untuk structural equation modeling (SEM). Program ini memberi kemudahan melakukan pemodelan persamaan struktural (SEM) untuk membangun model dengan akurasi lebih dari standar teknik statistik multivariat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *