MAKASSAR, FKM UMI- Merdeka itu ketika kita sudah bisa menjaga kesehatan jiwa dan raga agar nilai yang diperjungankan para penjuang bisa diimplementasikan secara bersama-sama.

Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Dr. R. Sudirman M.Si. Kata dia, bagaimana mungkin bisa merdeka kalau jiwa, tubuh dan badan sakit. Untuk itu, kesehatan harus dijaga agar bisa mempunyai daya saing.

\”Kesehatan adalah investasi jangka panjang sehingga untuk merawat dan menjaga kemerdekaan ini. Kita harus tetap menjaga kesehatan agar nilai-nilai yang diperjuangkan para pejuang bisa kita implementasikan bersama,\” ucapnya saat ditemui di Gedung FKM UMI, Sabtu (05/08/2017).

Kata dia, kemerdekaan bisa tetap dijalankan ketika sehat jasmani dan akal. Sehingga bisa bersaing dengan kompetitif, bagaimana mungkin bisa merdeka ketika jiwa dan tubuh sakit.

Itu semua harus kita jaga agar bisa mempunyai daya saing, harus dominan diperbaiki itu adalah kesehatan, sehingga nilai-nilai kemerdekaan bisa kita terapkan, tandasnya.

Dr. Sudirman mengatakan, sesibuk apapun orang di era modern ini, tidak bisa tinggalkan nilai kegotongrongyan agar bisa meningkatkan kualitas individu maupun kelompok. Nilai patriotisme harus diperjuangankan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia sehingga hakikat dari kemerdekaan bisa kita dapatkan, tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here