MAKASSAR, FKM UMI – Buat kamu yang suka baca buku, pasti membutuhkan tempat yang yang nyaman untuk membaca. Biasanya kalau di rumah tidak ada spot yang nyaman, kamu pasti mencari tempat lain di luar, seperti di kafe, perpustakaan dan taman.

Jika kamu salah satu tipe pembaca yang menyukai suasana baru, cobalah cari tempat membaca lain di luar rumah. Tidak melulu kafe atau perpustakaan, membaca bisa kamu lakukan di ruang terbuka seperti taman. Ruang publik seperti ini sangat populer sebagai tempat membaca bagi beberapa kota di luar negeri.

Hanya saja di Indonesia, khususnya Kota Makassar, belum ada kebiasaan dan minat yang tinggi terhadap kegiatan baca-membaca. Salah satu penyebabnya adalah tempat yang nyaman masih minim.

Inilah yang coba diwadahi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) dengan menyediakan sebuah taman yang nyaman yang jauh dari keributan serta kegaduhan untuk meluangkan membaca maupun berdiskusi.

Tepatnya, di halaman belakang gedung FKM UMI terdapat Taman Air Mancur yang sering dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membaca dan berdiskusi ringan selepas mengikuti mata kuliah.

Siti Rahmawati Mahasiswi Jurusan Kebidanan salah satunya mengaku sering menempati taman tersebut untuk membaca buku dan melepas rasa bosannya.

Saya sangat sering membaca di tempat ini karena sangat tenang dan juga bisa sesekali melihat air mancur kala rasa bosan muncul, ujarnya saat ditemui, Kamis (03/08/2017).

Tidak hanya itu, Siti sapaan akrabnya juga menyebutkan ia sering berduskusi ringan di tempat tersebut kala ada sesuatu hal yang belum ia pahami betul saat selesai kuliah.

Kadang juga kita diskusi di sini kalau ada yang sesuatu yang belum jelas yang kita pelajari di kelas saat kuliah selesai, lanjutnya.

Taman air mancur yang dengan hiasan patung ular dan gelas tersebut juga kadang dijadikan tempat selfie oleh mahasiwa-mahasiwi. Banyak juga mahasiswa yang sekedar berfoto selfie di sini, tambahnya.

Setiap harinya taman itu selalu terlihat bersih dari sampah karena selalu dirawat kebersihannya oleh clening service yang ditugaskan oleh pihak Fakuktas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here